Terputar

Title

Artist


Astro, Start Up Quick Commerce Pengiriman Produk 15 Menit Sampai Rumah

Ditulis oleh pada November 15, 2021

Jakarta – Astro meluncuran beroperasi di seluruh wilayah Jakarta. Melalui kesempatan ini, Astro mengumumkan komitmen untuk memperiuas jangkauan yang akan mencakup lebih banyak area di ibu kota Jakarta. Disamping menjanjikan pengiriman barang dengan aman, Astro juga menjanjikan rekor kecepatan waktu pengiriman dalam 15 menit kemanapun di Jakarta. Saat ini, cakupan lokasi ASTRO dapat ditemukan di sebagian besar wilayah Jakarta meliputi Kemang, Senayan, Kuningan dan daerah lainnya. Melalui pengumuman ini, Astro akan mulai dapat beroperasi di seluruh penjuru kota Jakarta selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu (berlaku sesuai dengan ketentuan PPKM dari pemerintah pusat). Indonesia kini telah memasuki era quick commerce (atau qCommerce). Pandemi Covid 19 telah mengubah keseharian konsumen dan menciptakan prioritas dan juga fokus baru di dalam kehidupan mereka. Meski pun masih akan ada konsumen yang memilih untuk berbelanja langsung ke toko, atas dasar efisiensi dalam menghemat waktu dan juga keamanan, sebagian besar warga Jakarta masih akan memilih untuk berbelanja online demi kenyamanan. eCommerce merupakan sebuah perpanjangan dari konsep eCommerce. Dan seperti namanya, utamanya eCommerce menjanjikan pengantaran barang dalam waktu yang singkat. Seiring dengan berkembanganya evolusi digital di Indonesia, prospek jangka pendek maupun panjang dari sektor titel terlihat cerah. Dengan meningkatnya urbanisasi, jumlah keluarga kecil dan juga orang yang tinggal mandiri menjadi semakin banyak. Hal ini berakibat pada meningkatnya permintaan untuk pengiriman produk dalam jumlah kecil dan menurunnya permintaan untuk pembelian barang grosir, seperti yang banyak didapati di ranah online seperti eCommerce. Oleh karena itu, Astro hadir dengan menyajikan sebuah konsep yang dapat menyambut perubahan tersebut. Dengan mengedepankan komitmen yang menjanjikan pengiriman dalam kurun waktu 15 menit dan juga banyak penawaran lainnya, Astro menjadi platform on demand pertama dan paling cepat berkembang di Indonesia untuk bahan makanan dan kebutuhan pokok yang mengadaptasi konsep eCommerce. Bisa dibilang bahwa eCommerce merupakan fase selanjutnya dari pengembangan eCommerce. Perbedaan utamanya terdapat dari segi kecepatan mengantar barang. Pada konsep eCommerce, kecepatan merupakan nilai jual utama. Populasi Indonesia yang cukup padat dan memiliki banyak generasi muda, terlebih dengan kelas menengah yang terus berkembang merupakan pendorong utama ekspansi di bidang ritel dan eCommerce. E-commerce secara tradisional merevolusi langkap pengiriman melalui pemesanan online. Di sisi lain, ecommerce, membawa sejumiah kecil barang ke konsumen hampir secara instan, kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya.

“Astro adalah platform on demand pertama di Indonesia untuk pembelian bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari dengan pengantaran cepat. Kami bertujuan untuk melayani pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan pengaturan jadwal kerja, mengurus rumah tangga atau bahkan ketika sekedar ingin membeli camilan saat larut malam. Astro percaya bahwa eCommerce tidak hanya mengubah pondasi industri togistik, tetapi juga mengubah pengalaman berbelanja secara keseluruhan. Saat mengantar pesanan, Astro berkomitmen untuk membawa barang ke depan pintu pelanggan dalam kecepatan rekor 15 menit. Hal ini memungkinkan karena toko dioptimalkan untuk pengiriman dan beriokasi strategis. Oleh karena itu kami menggunakan tagar #PastiSampai. Kami sangat yakin bahwa layanan ini akan segera membawa perubahan besar didalam kehidupan masyarakat, dan tentunya akan membuat mereka bertanya tanya apa yang mereka lakukan sebelum Astro hadir di dalam kehidupan mereka,” ujar Vincent Tjendra, Co-Founder & CEO Astro Indonesia.

Dari segi bisnis, terutama bisnis lokal – Astro menjanjikan pengalaman melayani konsumen dengan lebih baik dan dalam waktu 15 menit saja. Tentunya ini dapat menjangkau lebih banyak konsumen dalam waktu singkat dan meningkatkan efisiensi dalam menjalankan bisnis. Pengiriman barang menjadi lebih mudah dan terpercaya. Pada akhirnya hal tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis di mata petanggan. Mengingat janji Astro untuk pengiriman 15 menit, platform ini juga lebih cocok untuk pengiriman barang yang masuk ke dalam kategori tertentu seperti es krim, daging beku, serta buah dan sayuran segar. Kategori-kategori ini secara umum cukup menantang dari sist logistik karena waktu yang dibutuhkan untuk mengantar barang, tetapi Astro yakin bahwa saat iru, layanan tersebut dapat dilakukan dengan cepat, efisien dan terpercaya.

“Sebagai seorang ibu, saya telah mengalami setiap masalah kecil yang dihadapi oleh banyak orang tua diluar sana dalam keseharian mereka. Dimulai dengan anak yang mendadak jatuh sakit di tengah kesibukan sehari-hari, memasak setengah jalan dan menyadari toples garam saya kosong hingga melupakan lipstik kesayangan saya saat saya akan mengikuti presentasi penting. Hal hal ini mungkin terdengar sepele tetapi semua ini dapat membuat saya stres karena ada kalanya saya butuh membeli sesuatu dalam kurun waktu yang cepat dan tidak bisa menunggu. ibu-ibu terutama pastinya tahu persis apa yang saya rasakan. Dengan kehadiran eCommerce dan juga Astro seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang-orang seperti saya  ibu, pekerja kantor atau bahkan siswa di luar sana dapat membeli apapun yang kita butuhkan secara praktis kapanpun dan dimanapun. Saya telah menjadi pengguna setia Astro – memang belum terlalu lama tetapi saya sudah mulai merasa ketergantungan sehingga saya tidak akan bisa membayangkan kalau tidak ada Astro untuk menyelamatkan hari-hari saya,” ujar Cynthia Ganesha, Celebgram & Influencer.

“Saat ini, kehadiran eCommerce memang sangat d butuhkan dan hadir di waktu yang sangat tepat. Dengan ini, kami dapat merespons dengan cepat dan tanggap ketika kebutuhan untuk pengiriman barang di masa pandemi Covid-19 meningkat secara drastis. Astro menyediakan banyak pilihan produk dan juga barang barang eksklusif melalui pengantaran yang dapat dilakukan dalam 15 menit dalam 24 jam dan 7 hari setiap minggu. Tim kami tentunya bekerja keras agar dapat memegang dan melestarikan komitmen pengantaran dalam waktu yang telah dijanjikan melalui manajemen inventaris real time. Di waktu yang sama, kami juga terus meningkatkan jangkauan kami melalui data dan penetapan harga berbasis teknologi yang memungkinkan kami untuk menawarkan harga yang terbaik untuk konsumen. Kedepannya kami akan terus mengembangkan dan menyertakan lebih banyak produk di dalam platform kami agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen,” tutup Cynthia.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan