Terputar

Title

Artist


Mbah Mijan merilis single baru Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit

Ditulis oleh pada November 12, 2021

Spiritual, paranormal, praktisi supranatural sekaligus cenayang Mbah Mijan merilis single baru Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit. Berikut penuturan Mbah Mijan mengenai single terbaru tersebut, Kamis (11/11/2021).

Saat ditanyakan ,Kabarnya bikin single baru?
Betul. Judulnya Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit. Kenapa pakai judul itu? Alasannya kan kita ingin berkarya. Tapi di luar dari itu masyarakat kita khususnya masyarakat Jawa udah akrab dengan kalimat Setan Ora Doyan Demit Ora Ddulit. Tapi apakah mereka tahu maknanya?

Makanya saya ingin menyampaikannya melalui lagu. Ini saya harus menyampaikan, karena ada satu firasat dalam hati. Di zaman yang makin modern, orang makin jauh dari Tuhan. Kalimat itu artinya manusia yang terhindar dari segala godaan baik angkara murka, nafsu kekhilafan, dosa dan disitu saya gabungkan jadi sebuah karya. Jadilah sebuah lagu.

Selanjutnya ketika ditanyakan Sendiri?
Saya berdua, saya mencari teman duet bukan dari suara atau wajah tapi dari aura. Saya seleksi teman dekat yang profesinya penyanyi, saya ketemu dengan Sindy Purbawati, sinden rocker Indonesia.
Dia punya aura mistis digabung sama saya, jadi soul yang tepat. Apalagi beberapa lagu yang dinyanyikan dia juga terkesan mistis. Jadi saya pilih pasangan duet ini melalui ritual meditasi karena lagu ini sarat makna.

Bisa diceritakan mengenai single ini?
Genrenya tradisonal kontemporer, nuansa dibikin benar-benar lengkap. Menggabungkan warna musik Jawa Sunda dan Bali. Ada bumbu rock juga. Kalau maknanya berpesan bahwa manusia makhluk sempurna, nggak boleh takut dengan setan iblis, disitu saya juga bahas bahwa mahluk halus ini ciptaan Tuhan juga, jangan takut sama mereka.

Lagu sangat unik dan beda dari kebanyakan. Gabungan dari musik tradisional kontemporer ini merupakan ajakan untuk melestarikan dan menjaga budaya bangsa, wong jowo ojo ilang jowone.

Siapa yang garap?
Melibatkan semuanya dalam arti yang berhubungan dengan lagu ini. Penciptanya mas Pancal. Aransemen Pancal Record. Produsernya saya sendiri.

Banting setir?
Nggak dong. Saya tetap jadi paranormal, praktisi supranatural. Walau begitu tetap pengin berkarya.
Dalam darah saya ada keturunan seni. Iseng serius karena saya menyadari bukan penyanyi, suara saya pas pasan, tapi semua orang kan boleh berkarya, termasuk Mbah Mijan Rencananya rilis November 2021, tanggal masih rahasiakan.

Bagaimana klipnya?
Dalam proses penggarapannya. Ada nuansa mistis dalam klip tapi itu hanya untuk bumbu saja karena yang kita suguhkan lebih nuansa tradisional. Kita juga pakai nuansa adat.

Harapan ke depan?
Saya berharap masyarakat bukan menerima dari suara saya, tapi makna yang tekandung di dalam lagu ini. Mari kita semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, jangan takut pada setan dan lainnya.

Jangan lupa lestarikan budaya adat tradisi yang sudah dimulai oleh leluhur kita, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah, mengingat pahlawan dan melestarikan adat tradisi dan budayanya.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan