Terputar

Title

Artist


Tingkatkan Kualitas Personel Operator Radio, Diskomlekal Gelar Sosialisasi ALE Dan Radio Trunking Di Koarmada II

Ditulis oleh pada November 8, 2021

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 8 November 2021,Untuk meningkatkan kualitas personel Operator Radio, Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Diskomlekal) menggelar kegiatan Penyegaran dan Sosialisasi Pengoperasian Sistem Automatic Link Establisment (ALE) dan Radio Trunking TA 2021, bertempat di Diskomlek Koarmada II pada Senin (8/11/2021).

Kegiatan ini mendapat perhatian dari Kadiskomlekal Laksma TNI Joko Edi, S.Sos, yang hadir langsung membuka sosialisasi yang diikuti 40 peserta dari Koarmada II, Satlinlamil 2, Lantamal V, dan Yon Komlek 2 Marinir Surabaya. Dijadwalkan penyegaran dan sosialisasi dilaksanakan hingga tanggal 12 November 2021 mendatang.

Kadiskomlekal dalam sambutannya menyatakan bahwa penggunaan sistem komunikasi dengan menggunakan teknologi gelombang radio frekuensi HF, merupakan sistem komunikasi mandiri. Dalam artian tidak tergantung pada operator penyedia jasa telekomunikasi.

“Untuk mengoptimalkan komunikasi tersebut, TNI AL secara bertahap melengkapi sarana komunikasi radio HF yang dilengkapi fitur Automatic Link Establishment atau ALE, yang mempunyai kemampuan memilih kanal frekuensi yang disesuaikan dengan hasil prediksi berdasarkan lokasi radio dan perubahan propagasi dari waktu ke waktu,” terang Laksma Joko Edi.

Laksma Joko Edi berharap dengan adanya kegiatan penyegaran dan sosialisasi ini, kualitas para personel yang bertugas sebagai Operator Radio bisa meningkat dan semakin profesional. “ Karenanya laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan dedikasi yang dilandasi disiplin tinggi, penuh rasa tanggung jawab dan profesional. Sehingga tujuan dan sasaran kegiatan dapat tercapai secara efektif dan efisien,” tandasnya.

Sementara itu tampak ikut hadir dalam kegiatan penyegaran ALE dan Radio Trunking 2021 yakni Kadiskomlek Koarmada II Kolonel Laut (E) Umar Winarno, Kasatopskom Diskomlekal, para Kasubdis Diskomlek Koarmada II, serta Kasatkom Lantamal V.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan