Terputar

Title

Artist


Kaskoarmada II Buka Pelatihan Teknis Operator Data Link KRI Gelombang II TA. 2021

Ditulis oleh pada November 1, 2021

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 1 November 2021,Dalam rangka mewujudkan kegiatan pembinaan dibidang personel Senjata dan Elektronika (Senlek) Kaskoarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han) mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han) memimpin pembukaan pelatihan teknis operator data link KRI TA. 2021 Gelombang II, bertempat di Ruang Rapat Gedung Candrasa Koarmada II. Senin (1/11).

Dalam sambutannya Laksma Rachmad mengatakan bahwa, “pelatihan di Surabaya ini adalah yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Jakarta pada 11 Oktober lalu, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel pengawak atau calon pengawak Tactical Data Link (TDL) KRI sebagai operator yang handal dalam mengoperasikan, mengendalikan, memelihara dan dapat secara aplikatif menyajikan data dalam pertukaran informasi taktis”, jelasnya.

“Selain itu serta dapat memahami fungsi dan manajemen sistem TDL dan menyiapkan SDM guna mendukung rencana strategis dalam program data link nasional serta konsep komando , kendali, komunikasi, komputer, intelejen, pengawasan, dan pengamatan (K4IPP)”, ungkap Laksma Rachmad saat membacakan Amanat Askomlek Kasal dihadapan para peserta latihan.

“Tactical Data Link adalah bagian elemen dari sistem C4ISR dalam bentu sharing tactical data antar combat system yang dimiliki oleh participant unit (Air, Surface, Ground) dalam satu Network Management secara Real Time, yang berujung kepada tuntutan dalam melaksanakan pertukaran data taktis antar platform alutsisata, secara cepat dan aman dalam suatu operasi militer serta menjadi kunci penentu dalam menunjang keberhasilan dalam suatu penugasan”, tambah Laksma Rachmad.

“Meski pelaksanaan latihan dalam waktu yang singkat untuk itu setiap peserta yang terlibat harus memiliki motivasi dan semangat untuk terus meningkatkan kemampuan masing-masing, beberapa penekanan yang perlu dipedomani oleh seluruh peserta yakni memanfaatkan kesempatan latihan dengan sebaik-baiknya, pertahankan semangat dan kebanggaan sebagai prajurit matra laut agar ilmu yang didapat dapat diaplikasikan ditempat tugas masing-masing”, tegas Kaskoarmada II saat menutup sambutan.

Turut hadir Asops Koarmada II, Askomlek Koarmada II, Komandan Satkat Koarmada II, Kadiskomlek Koarmada II, Kasubdis Pernika Diskomlekal, dan Kasubdis SPT Sewaco Dissenlekal.

(Pen2)


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan