Terputar

Title

Artist


Joe Biden mengadakan pembicaraan yang panjang dan sangat pribadi dengan Paus Fransiskus

Ditulis oleh pada Oktober 31, 2021

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengadakan pembicaraan yang panjang dan sangat pribadi dengan Paus Fransiskus. Seperti dilaporkan AP, Sabtu (30//10/2021), Paus Fransiskus memuji Biden sebagai seorang “Katolik yang baik” dan memintanya harus terus menerima komuni.

Dua tokoh Katolik Roma paling terkemuka di dunia itu berdiskusi tentang perubahan iklim, kemiskinan, dan pandemi virus corona. Percakapan hangat yang juga menyentuh kematian putra presiden akibat dan termasuk lelucon tentang penuaan dengan baik.

Tapi Biden mengatakan aborsi tidak muncul dalam pertemuan itu. “Kami baru saja berbicara tentang fakta bahwa dia senang bahwa saya adalah seorang Katolik yang baik dan saya harus terus menerima Komuni,” kata Biden.

Dukungan Presiden Biden untuk hak aborsi dan pernikahan sesama jenis telah membuatnya berselisih dengan banyak uskup AS. Beberapa di antaranya menyarankan agar dia tidak menerima Komuni.

Para uskup Amerika akan bertemu dalam konferensi musim gugur tahunan mereka pada pertengahan November. Mereka memperdebatkan kemungkinan teguran untuk presiden AS hanya beberapa minggu. Namun Paus Fransiskus justru menghabiskan begitu banyak waktu dengan Biden.

Video yang dirilis oleh Vatikan menunjukkan beberapa momen hangat dan santai antara Paus Fransiskus dan Biden saat mereka berulang kali berjabat tangan dan tersenyum. Paus seringkali terlihat berwajah masam, terutama di foto-foto resmi, tetapi dia tampak bersemangat pada hari Jumat. Pertemuan pribadi berlangsung sekitar 75 menit, menurut Vatikan, lebih dari dua kali lipat durasi normal audiensi dengan Paus.

Pasangan itu duduk saling berhadapan di satu meja di perpustakaan kepausan, ditemani oleh seorang penerjemah. Mereka kemudian melanjutkan ke pertukaran hadiah dan pertemuan yang lebih luas termasuk ibu negara dan pejabat tinggi.

“Biden berterima kasih kepada Yang Mulia atas pembelaannya bagi orang miskin di dunia dan mereka yang menderita kelaparan, konflik, dan penganiayaan,” kata Gedung Putih.

“Dia memuji kepemimpinan Paus Fransiskus dalam memerangi krisis iklim, serta advokasinya untuk memastikan pandemi berakhir bagi semua orang melalui pembagian vaksin dan pemulihan ekonomi global yang adil,” tambah Gedung Putih.

Biden bangga dengan iman Katoliknya, menggunakannya sebagai pedoman moral untuk membentuk kebijakan sosial dan ekonomi. Dia memakai rosario dan kerap menghadiri Misa mingguan.

Setelah meninggalkan Vatikan, Biden mengadakan pertemuan yang “luar biasa” dan bahwa paus berdoa untuknya dan memberkati kalung rosarionya. Dia mengatakan doa itu untuk “kedamaian.”

Puluhan Pengawal Swiss dengan seragam bergaris-garis biru dan emas dan tombak bulu merah berdiri tegak di halaman San Damaso ketika Biden dan istrinya, Jill, tiba. Mereka diterima oleh Monsignor Leonardo Sapienza, yang menjalankan rumah tangga kepausan, dan kemudian disambut satu per satu oleh para pengantar kepausan, atau para pejabat kepausan, yang berbaris di halaman.

“Senang bisa kembali,” kata Biden sambil menjabat tangan salah satu dari mereka. “Saya suami Jill,” katanya kepada yang lain sebelum dia diantar ke Istana Apostolik yang berlukisan dinding dan dibawa ke lantai atas ke perpustakaan pribadi paus.

Menurut Vatikan, Biden menghadiahkan Paus Fransiskus dengan kasula tenun, atau jubah liturgi, dibuat pada tahun 1930 oleh penjahit kepausan terkenal Gammarelli dan digunakan oleh ordo Jesuit paus di AS, tempat disimpan di arsip Gereja Tritunggal Mahakudus, paroki Biden yang biasa di Washington. Gedung Putih menyatakan akan memberikan sumbangan untuk amal atas nama paus.

Biden juga menyelipkan apa yang dikenal sebagai koin tantangan ke telapak tangan paus saat berjabat tangan. Dia memuji Paus Fransiskus sebagai “pejuang perdamaian paling signifikan yang pernah ditemui.”

Koin yang dipersonalisasi menggambarkan negara bagian Delaware, rumah Biden dan referensi ke unit militer mendiang putranya, Beau, Brigade Sinyal Taktis Teater ke-261. Biden memberi tahu Paus Fransiskus bahwa Beau, putranya yang meninggal karena kanker otak pada 2015, ingin dia menyerahkan koin itu kepada paus.

Menurut Vatikan, Paus Fransiskus memberi Biden potongan ubin keramik yang menggambarkan ikonografi peziarah, serta koleksi dokumen pengajaran utama paus. Dalam video Vatikan, dia terdengar meminta Jill Biden untuk “berdoa untuknya.”

Pertemuan hangat itu sangat kontras dengan pertemuan Donald Trump tahun 2017 dengan Paus Fransiskus. Foto-foto dari pertemuan 30 menit itu menunjukkan seorang Paus Fransiskus yang berwajah beku berdiri di samping Trump yang menyeringai. Pertemuan Biden juga lebih lama dari 52 menit yang dihabiskan Barack Obama dengan Paus Fransiskus pada tahun 2014.

Biden mengunjungi Roma dan kemudian Glasgow untuk pertemuan puncak berturut-turut, pertama pertemuan para pemimpin Kelompok 20 negara terkemuka dan berkembang dan kemudian konferensi iklim global COP26.

Biden dan Paus Fransiskus sebelumnya telah bertemu tiga kali, tetapi pertemuan hari Jumat adalah yang pertama sejak Biden menjadi presiden.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan