Terputar

Title

Artist


Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa kepada para penguasa militer baru Sudan untuk mengembalikan pemerintah sipil

Ditulis oleh pada Oktober 29, 2021

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada Kamis (28/10/2021) menyerukan kepada para penguasa militer baru Sudan untuk mengembalikan pemerintah sipil yang digulingkan minggu ini.

Dengan suara bulat, seperti dilaporkan AFP, DK PBB menyatakan “keprihatinan serius” tentang kudeta Senin (25/10) di negara Afrika yang dilanda kemiskinan. Sudan hanya menikmati periode demokrasi yang langka sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 1956.

Dewan menyerukan pembebasan segera semua yang ditahan oleh otoritas militer dan mendesak semua pemangku kepentingan untuk terlibat dalam dialog tanpa prasyarat.

Pernyataan yang dirancang Inggris adalah produk dari pembicaraan yang melelahkan selama berhari-hari di antara anggota dewan dan dipermudah di bawah tekanan dari Rusia.

Pernyataan itu mengungkapkan keprihatinan atas “penangguhan beberapa lembaga transisi, deklarasi keadaan darurat” dan penahanan Perdana Menteri Abdalla Hamdok. Dia ditangkap pada Senin oleh militer dan sekarang berada di bawah penjagaan di rumahnya. Hamdok dipindahkan setelah kecaman internasional. Namun, menteri-menteri lainnya tetap berada di bawah penahanan militer penuh.

Seorang diplomat mengatakan bahwa, atas desakan Tiongkok, teks tersebut secara eksplisit mencatat bahwa Hamdok memang kembali ke rumah pada Selasa malam. Tetapi PBB menyatakan bahwa tindakan itu menganggapnya sebagai orang yang ditolak kebebasannya untuk bergerak.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan