Terputar

Title

Artist


Sepasang sepatu kets yang dikenakan oleh superstar NBA Michael Jordan pada awal kariernya terjual hampir 1,5 juta dolar AS

Ditulis oleh pada Oktober 26, 2021

Sepasang sepatu kets yang dikenakan oleh superstar NBA Michael Jordan pada awal kariernya terjual hampir 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 21,28 miliar. Ini menjadi rekor dalam lelang untuk sepatu yang dikenakan dalam pertandingan.

Sepatu berwarna merah putih itu dikenakan oleh pemain ikonik tersebut pada pertandingan kelima musim rookie-nya bersama Chicago Bulls, dan merek Nike yang berafiliasi dengan Jordan dengan cepat menjadi populer di dalam maupun di luar lapangan.

“Sneaker paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan yakni Nike Air Ships yang dikenakan Michael Jordan pada musim reguler dari tahun 1984 baru saja terjual seharga 1.472.000 dolar AS dalam penjualan mewah kami di Las Vegas,” kata rumah lelang Sotheby’s dalam sebuah pernyataan di Twitter, Senin (25/10/2021).

Harga tersebut mengalahkan rekor yang dipegang oleh sepasang Nike Air Jordans yang terjual dengan harga 615.000 dolar AS atau sekitar Rp 8,7 miliar pada Agustus 2020 di rumah lelang Christie.

Sepasang sepatu Nike Air Yeezy 1 yang dikenakan oleh rapper Kanye West terjual seharga 1,8 juta dolar AS (sekitar Rp 25,5 miliar) pada April, tiga kali lipat rekor sebelumnya untuk sepatu kets namun itu adalah penjualan pribadi.

Pasar sepatu olahraga langka melonjak. Rekor harga sepatu kets telah dipecahkan beberapa kali baru-baru ini karena apa yang dilihat sebagai ceruk pasar satu dekade lalu kini menarik minat masyarakat umum serta kolektor terkemuka.

Sepatu bertanda tangan yang dijual pada Minggu tersebut merupakan sepatu pertama sebelum ada Air Jordans, lini sepatu kets klasik yang dengan cepat berubah dari peralatan untuk bermain basket menjadi bagian dari fashion yang paling dicari di seluruh dunia.

Air Ship yang menjadi cikal bakal Air Jordan didesain oleh Peter Moore. Jordan memakai model Air Ship pada 1984 dan 1985, serta versi modifikasi pada 1986.

Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan

Email anda tidak ditampilkan. Wajib jika ada tanda *