Terputar

Title

Artist


Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL, Vaksin dan Doa sebagai Ikhtiar Cegah Covid-19

Ditulis oleh pada Oktober 19, 2021

 

TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada III terus melancarkan serbuan vaksinasi maritim baik di perkotaan, pedesaan, pesisir, dan pulau-pulau kecil untuk meminimalisir warga yang terpapar dan tujuan yang lebih besar agar bangsa Indonesia bisa terbebas dari pandemi Covid-19.

Gelombang serbuan vaksinasi Covid-19 yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Koarmada III Kolonel Laut (K) dr. Donny Susilawardana, Sp.Rad., digelar dari desa ke desa untuk menyasar warga yang belum tervaksin di wilayah Kabupaten Sorong. Tim Diskes Koarmada III yang diperkuat 15 tenaga kesehatan berada di Kelurahan Majaran, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (19/10/2021).

Serbuan vaksinasi maritim ini merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dijabarkan Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., dalam rangka mendukung program nasional. Berdasarkan perintah dan arahan tersebut, Koarmada III dan jajaran terus melakukan ragam cara menggelar vaksinasi di wilayah kerjanya.

Serbuan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Gedung serba guna Kelurahan Majaran, tetap saja ramai warga yang mendaftar, meskipun sudah kali keempat dilaksanakan di tempat tersebut. Kadiskes Koarmada III menegaskan kepada warga agar tertib sesuai protokol kesehatan mengikuti proses vaksinasi. “Semua akan kita layani, baik dosis pertama maupun dosis kedua, hingga semua yang mendaftar telah tervaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Tokok Agama setempat, Syarifuddin yang hadir di lokasi vaksinasi untuk memotivasi warga mengatakan, ikhtiar terbagi menjadi dua, yaitu ikhtiar lahir dan ikhtiar batin. Ikhtiar lahir adalah upaya yang kita lakukan melalui ikhtiar fisik. Salah satu contoh ikhtiar lahir yang dilakukan masa pandemi Covid-19 ini adalah pemberian vaksin.
“Sedangkan Ikhtiar batin secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu tawakkal dan berdoa. Ketiga unsur tersebut (ikhtiar, tawakal dan berdoa) adalah satu kesatuan yang seyogianya tidak dipisahkan satu sama lain,” jelasnya.

Salah seorang warga bernama Narti Maong yang berdomisili di Jln. Nusantara, Majaran mengaku vaksinasi dosis kedua. Semua anggota keluarganya telah melakukan vaksinasi yang dilaksanakan Koarmada III. “Suami saya yang divaksin pertama. Kemudian bercerita kepada anak-anak dan kerabat perasaan setelah vaksin. Mendengar pengkuan Bapaknya, anak-anak dan keluarga yang lainnya langsung bersemangat akan vaksin. Akhirnya, keluarga besar saya, rombongan vaksin dan gembira mendapatkan pelayanan yang ramah dari Bapak Angkatan Laut,” ujarnya sambil tertawa lebar.
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan