Terputar

Title

Artist


Selain mengajarkan anak berbicara untuk melatih komunikasi sebagai orangtua juga harus membacakan cerita dongeng untuk melatih komunikasi serta meningkatkan imajinasi

Ditulis oleh pada Oktober 7, 2021

Selain mengajarkan anak berbicara untuk melatih komunikasi sebagai orangtua juga harus membacakan cerita dongeng untuk melatih komunikasi serta meningkatkan imajinasi. Menceritakan dongeng menjadi salah satu rutinitas anak sebelum tidur jaman dulu, namun kita juga bisa menceritakan dongeng di zaman sekarang.

Melatih komunikasi melalui buku dongeng dapat mengembangkan bahasa serta mempermudah kemampuan anak untuk berbicara, mengemukakan serta memahami perasaan, membentuk pola piker serta daoat melatih kemampuan untuk pemecahan masalah.

Ketika mendongeng sebaiknya memilih buku dengan cerita yang pas untuk anak-anak. Membaca buku bersama anak juga bukan berarti anak harus emmahami isi cerita tersebut, jika si kecil belum dapat membaca orang tua dapat membacakan cerita dongeng dengan nada, ekspresi, intonasi serta suara yang berbeda-beda sesuai dengan karakter yang terdapat pada buku. Berikut rekomendasi buku dongeng untuk anak:

1. Seri Ayo Berkata Baik

Buku cerita seri berkata baik memiliki 4 jenis buku dengan mengajarkan nilai-nilai kebaikan dasar yang wajib dimiliki setiap individu dalam berinteraksi dengan orang sekitar. Seperti mengucapkan kata maaf, tolong, terima kasih serta permisi, 4 kata tersebut wajib diajarkan kepada anak sejak dini. Selain itu buku tersebut mengajarkan kesopanan serta menghargai orang lain, sedangkan dalam mendidik anak kita perlu mengajarkan kedua hal tersebut. Adanya buku ini dapat melatih anak untuk mengajarkan perilaku sopan sejak dini. Beikut seri yang terdapat dalam Ayo Berkata Baik

  • Sisi Bilang Terima Kasih
  • Tiko Bilang Tolong
  • Elpa Bilang Maaf
  • Mimi Bilang Permisi

2. Malin Kundang

Malin kundag salah satu dongeng lama yang biasa di bacakan oleh orang tua jaman dulu, namun cerita malin kundang mengandung banyak arti, seperti mengingatkan anak untuk berbakti kepada orang tua. Cerita Malin kundang mengisahkan seorang anak yang tinggal bersama nenek yang memohon untuk merantau agar dapat mengubah nasib ibunya, sementara itu malin diijinkan merantau dan tak ada kabar, kemudian seseorang mengetahui bahwa ia menikah dengan seorang bangsawan.

Kemudian malin kembali ke desa dan disambut oleh warga, namun ia acuh dengan nenek dan tak mengakui ibunya dan sang ibu mendoakan malin agar dikutuk menjadi batu. Cerita dongen tersebut memberikan arti bahwa sebesar apapun sang anak nantinya, ia tidak boleh mengacuhkan orang tuanya sebagaimana orang tua yang membesarkan mereka. Sebagai orang tua juga bisa menceritakan kisah malin kundang kepada anak, dan memberi tahu bahwa pentingnya menghormati orang tua.

3. Wortel, Sayuran atau Buah

Dongeng singkat ini mengisahkan tentang wortel yang sedang bersedih, ia yang bingung dirinya sendiri karena termasuk buah atau sayuran. Sementara itu ia menceritakan masalahnya dengan temannya yaitu alpukat, namun alpukat memiliki jawaban yang bijaksana bagi wortel yaitu “Katamu ada yang menyebutmu sayuran dan buah. Bukankah itu istimewa? Kamu dapat emnjadi sayur dan buah serta dapat berkumpul dengan jenis manapun”

Pesan moral dari dongen tersebut adalah, wortel, sayuran atau buah adalah seperti apapun fisikmu, yang terpenting adalah hatimu. Tetap menjdi anak yang baik dan menyukai perbuatan baik. Maka dimanapun kamu berada pasti akan disukai orang lain.

4. Ubur-Ubur yang Jujur

Cerita dongeng ini, mengisahkan seekor Ubur-Ubur yang ingin ikut teman-temannya bermain. Namun teman-teman enggan mengajaknya bermain, karena Ubur-Ubur terlalu jujur. Saat bermain petak umpet misalnya, dengan polosnya Ubur-Ubur memberi tahu tempat persembunyian Gurita. Tapi ternyata, kejujuran Ubur-Ubur mendatangkan manfaat bagi teman-temannya

Bagi orang tua ubur-ubur terlalu jujur dapat menjadi salah satu rekomendasi buku dongeng bagi anak-anak, karena cerita ini dapat membuat inspirasi kepada anak untuk selalu berkata jujur, walaupun berkata jujur terkadang menyakitkan akan tetapi kita dapat mengajari anak untuk lebih berkata jujur.

5. Kumpulan Kisah Membentuk Karakter

Rekomendasi buku dongeng anak yang terakhir yaitu kumpulan kisah pembentuk karakter, Kumpulan Kisah Penuh Makna untuk anak-anak dapat membuat parade cerita indah penuh makna dan puisi anak yang menawan! Sleain itu kisah0kisah di dalamnya berasal dari dongeng dan cerita rakyat berbagai belahan dunia, seperti anak itik buruk rupa, pangeran katak, dan masih banyak lagi. Semuanya akan membentuk karakter positif, keberanian, dan cinta kasih.

Buku dongeng satu ini bisa menjadi salah satu wishlist untuk dibacakan kepada anak, karena buku ini memberikan kisah yang positif tentang beberapa karakter,membangun keberanian serta memberikan dan menerima cinta kasih.

Demikian beberapa rekomendasi buku dongeng untuk anak, selain mengisahkan cerita yang lucu dapat memberikan kesan positif untuk anak. Selain itu sebagai orangtua juga dapat mengajarkan kepribadian melalui kisah dongeng yang menarik.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan