Terputar

Title

Artist


Anies Baswedan baru saja mengumumkan penerbitan Keputusan Gubernur (Kepgub) terbaru tentang perpanjangan PPKM Level 3

Ditulis oleh pada September 18, 2021

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja mengumumkan penerbitan Keputusan Gubernur (Kepgub) terbaru tentang perpanjangan PPKM Level 3. Kepgub ini adalah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019.

Kepgub Nomor 1096 Tahun 2021 ini berisi tentang aturan dan pelonggaran selama PPKM Level 3 yang telah dimulai sejak tanggal 14 hingga 20 September 2021 mendatang. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Berikut adalah aturan lengkap tentang PPKM Level 3 di Jakarta berdasarkan Kepgub 1096 tahun 2021, seperti yang dilansir dari Liputan6.com. Penasaran?

1. Sektor non-esensial:

– Work From Home (WFH) sebesar 100%.

2. Sektor esensial:

– Secara umum yang berorientasi pada pelayanan fisik dengan pelanggan beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% staf untuk lokasi yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat.

– Sedangkan 25% untuk pelayanan adiinistrasi perkantoran guna mendukung operasional dan dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

3. Sektor kritikal:

– Secara umum boleh beroperasi 100% staf, hanya pada fasilitas produksi atau konstruksi atau pelayanan kepada masyarakat.

– Untuk pelayanan perkantoran mendukung operasional, diberlakukan maksimal 25% staf WFO (Work From Office) dan dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Aktivitas belajar mengajar

Boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas maksimal 50%, seluruh tenaga pendidik dan peserta didik di atas usia 12 tahun sudah divaksinasi COVID-19. Untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) seluruh jenjang diberikan izin tatap muka 100%, sedangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 33% saja. Seluruh pembelajaran tatap muka diwajibkan untuk menjaga jarak antar peserta didik minimal 1,5 meter.

Aktivitas pada sektor kebutuhan sehari-hari

1. Supermarket, pasar tradisional, pasar rakyat, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari, jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 21.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50% dan dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat, khusus pasar induk dapat beroperasi sesuai jam operasional.

2. Apotek dan toko obat buka selama 24 jam dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

3. Pasar rakyat yang menjual non kebutuhan sehari-hari dibatasi sampai dengan pukul 17.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50% dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

4. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, barbershop atau pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan lain-lain yang sejenisnya. Jam operasional sampai dengan pukul 21 WIB dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat selama pemberlakuan PPKM Level 3.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan