Terputar

Title

Artist


Latopsduk TNI AL 2021 Memasuki Tahap Uji Rencana Operasi

Ditulis oleh pada September 13, 2021

 

Kodiklatal, (13/9),Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TNI AL yang digelar sejak tanggal 01 September 2021 lalu memasuki tahap uji konsep Rencana Operasi (RO) dengan Tactical Floor Game secara daring di Auditorium Gedung Soedomo, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Bumimoro, Surabaya (13/09).

Uji Konsep Rencana Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Komando Gabungan (Pangkogab) TNI yang diperankan oleh Brigjen TNI Marinir Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP yang sehari-harinya menjabat sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal. Sedangkan pesertanya, Dansatgasduk Info Aspek Penerangan berada di Mako Lantamal V, Dansatgasduk Psikologi di Dinas Psikologi TNI AL (Dispsial), Dansatgasduk Info Aspek Siber berada di Mako Koarmada II serta Dansatgasduk Intelijen berada di Mako Pasmar II.

Adapun uji Rencana Opersi Latihan Operasi dukungan tahun 2021 ini diawali dengan laporan dari KS Pangkogab dan dilanjutkan dengan paparan dari Asisten Intelijen (Asintel) Pangkogab TNI Kolonel laut (T) Harlius Bactiar, S.A.P., CTMP yang juga Komandan Pusdikintelmar Kodiklatal. Dalam paparannya disampaikan tetang situasi, jumlah dan kemampuan alut sista yang dimiliki Negara musuh berikut propaganda yang telah dilaksanakan. Selain mendapatkan data tentang kekuatan musuh, para peserta juga mendapatkan data kekuatan sendiri yang disampaikan oleh Asops Pangkogab Kolonel Marinir Herkulanus.

Latopsduk TNI AL terdiri dari empat materi latihan operasi dukungan, yaitu : Latopsduk Info Aspek Penerangan, Latopsduk Psikologi, Latopsduk Aspek Siber dan Latopsduk Intelijen. Tujuan dari Latopsduk Info Aspek Penerangan adalah untuk menguji dan meningkatkan profesionalisme personel penerangan TNI AL dalam operasi dukungan informasi ofensif dan defensif guna mendukung pelaksanaan tugas operasi dukungan informasi.

Sedangkan Latopsduk Psikologi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel TNI AL dalam rangka memelihara kondisi psikologis pasukan sendiri, baik perorangan maupun kelompok pada saat sebelum dan selama pelaksanaan tugas operasi

Latopsduk Infoo Aspek Siber bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel pengawak sistem komputer dan jaringan komunikasi data di satuan operasional melalui latihan operasi dukungan informasi aspek siber guna mendukung pelaksanaan tugas operasi dan latihan matra laut. Dan Latopsduk Intelijen bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan, kesiapan dan profesionalisme personel intelijen dlm mendukung tugas-tugas TNI AL.

Dalam uji RO ini, masing-masing Dansatgas diberi kesempatan oleh Pangkogab untuk menyampaikan rencana secara terinci bagaimana mereka harus beroperasi sesuai dengan perintah dari Pangkogab TNI. Usai melaksanakan Uji RO, maka untuk selanjutnya Latopsduk Info Aspek Siber dan Intelijen melaksanakan manuuver lapangan di Mako Kodiklatal dan Puslatpur Grati Pasuruan.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan

Email anda tidak ditampilkan. Wajib jika ada tanda *