Terputar

Title

Artist


4 Hal yang Dihindari Setelah Vaksinasi

Ditulis oleh pada September 8, 2021

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan Indonesia telah menerima total sebanyak 225,4 juta dosis vaksin Covid-19 berasal dari berbagai merek baik dalam bentuk jadi maupun bulk.

“Secara keseluruhan Indonesia telah kedatangan 225,4 juta dosis vaksin dari berbagai merek baik berbentuk bulk maupun vaksin jadi,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, melansir Liputan6.com.

Sebanyak 225,4 juta dosis ini meliputi 33 juta dosis Sinovac berbentuk jadi dan 153,9 juta berbentuk bulk, 19,5 juta dosis AstraZeneca, 8 juta dosis Moderna, 2,75 juta dosis Pfizer, serta 8,25 juta dosis Sinopharm.

Menko Airlangga menegaskan masyarakat tidak perlu ragu, khawatir serta memilih-milih jenis vaksin yang akan digunakan karena pemerintah telah memastikan keamanan, mutu, dan khasiat dari vaksin yang ada.

Hal ini menjadi kabar baik bagi Indonesia, untuk lebih meningkatkan dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan vaksin. Sebab, vaksin covid-19 dapat membantu tubuh kita memiliki imunitas yang lebih tinggi, dan membuat virus sulit masuk ke dalam tubuh.

Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika selesai mendapatkan vaksin Covid-19, karena vaskin tidak sepenuhnya kebal terhadap virus tersebut.

Sejauh ini, belum ada vaksin yang memiliki tingkat efektivitas hingga 100 persen. Kemungkinan tertular covid-19 masih ada setelah melakukan vaksinasi namun gejala yang dirasakan akan lebih ringan.

4 Hal yang Dihindari Setelah Vaksinasi

Melansir liputan6.com, para ahli menyarankan untuk tidak melakukan hal-hal tertentu setelah kita mendapatkan vaksinasi.

1. Olahraga Setelah 2-3 Hari Usai Vaksinasi

Dilansir dari newswise, para ahli merekomendasikan untuk mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur sebelum dan sesudah menerima vaksin Covid-19. Namun perlu untuk diperhatikan, jika tidak boleh melakukan olahraga terlalu keras dan menghabiskan seluruh tenaga karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki risiko yang tinggi untuk sakit.

Oleh karena itu, lakukanlah olahraga yang ringan. Dilansir dari self.com, olahraga ringan seperti melakukan perenggangan ringan pada lengan untuk meminimalisir rasa sakit setelah vaksin.

Olahraga ringan dapat membantu melancarkan aliran darah. Bagi Anda yang terbiasa melakukan olahraga berat, mungkin Anda tidak terbiasa tapi mulailah dengan aktivitas yang ringan dan perlahan kembali ke rutinitas normalmu.

2. Hindari membuat tatto

Melansir dari WCNC, tim medis mengatakan bila membuat tato atau tindik setelah melakukan vaksinasi, kemungkinan kecil dapat memicu kekebalan tubuh. Disarankan menunggu kurang lebih seminggu setelah vaksin untuk membuat tato.

3. Selalu terhidrasi

Minumlah air yang banyak usai vaksinasi. Tetap terhidrasi sangat penting sebelum dan sesudah melakukan vaksinasi. Setelah melakukan vaksin covid-19, kemungkinan efek samping yang Anda rasakan adalah nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam.

4. Hindari rokok dan alkohol

Meskipun tidak ada penelitian yang meneliti efek alkohol dan rokok setelah vaksinasi, namun dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol atau merokok. Dilansir dari unicef.org, hal tersebut dapat memperburuk efek samping vaksin. Selain itu alkohol juga dapat mempengaruhi sistem imunitas serta efektivitas vaksin covid-19 menjadi tidak maksimal.

Mengonsumsi alkohol dan merokok dapat membuat imunitas tubuh melemah. Ketika ingin merokok atau mengonsumsi alkohol, tunggu sekitar satu hingga dua minggu setelah vaksinasi.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan

Email anda tidak ditampilkan. Wajib jika ada tanda *