Terputar

Title

Artist


Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021 menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta

Ditulis oleh pada September 7, 2021

Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021 menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (6/9/2021). Kedatangan Komite FFI 2021 yang diketuai Reza Rahadian ini sekaligus mengundang Jokowi hadir dalam malam puncak penganugerahan FFI 2021 pada 10 September 2021.

“Agendanya adalah menyampaikan undangan kepada bapak Presiden dan dukungannya kepada Festival Film Indonesia 2021. Karena ini terkait juga dukungan kepada tumbuhnya kembali industri perfilman di tengah kemampuan yang sangat adaptif terhadap kondisi hari ini,” kata Reza seusai bertemu dengan Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/9/2021).

Turut mendampingi Reza saat bertemu dengan Jokowi adalah Sekretaris Komite FFI Linda Gozali dan Ketua bidang Penjurian Garin Nugroho. Kehadiran Jokowi dalam acara malam puncak penganugerahan FFI, menurut Reza, merupakan bentuk dukungan penuh terhadap bangkitnya industri film Indonesia di masa pandemi.

“Tadi saya sampaikan kesediaan bapak Presiden untuk datang sebagai dukungan penuh untuk bangkitnya karena ini akan menjadi harapan bagi semua insan film atau dunia seni pada khususnya,” ungkap Reza.

Dalam pertemuan, Reza menyampaikan dukungan pemerintah pemerintah sangat penting untuk kemajuan tumbuhnya industri perfilman Indonesia di masa pandemi. “Poin-poin yang paling penting salah satunya bagaimana kemudian dukungan dari pemerintah terhadap maju dan terus tumbuhnya industri perfilman di tengah pandemi seperti ini,” ujar Reza.

Pemeran utama Film Habibie & Ainun ini menyampaikan industri perfilman di Indonesia terus bertumbuh dengan angka yang sangat baik. Pada 2021 saja, sudah ada sekitar 88 film Indonesia yang diproduksi. “Di tengah situasi seperti ini rasanya cukup menggembirakan, jadi ada optimisme,” tutur Reza.

Tak hanya itu, Reza juga menyampaikan kepada Jokowi bahwa FFI mendukung Bapak Perfilman Nasional Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional di bidang budaya. “Menyampaikan juga bagaimana FFI turut mendukung Pak Haji Usmar Ismail untuk di tahun ini bertepatan 100 tahun Perayaan Usmar Ismail bisa disematkan menjadi pahlawan di bidang budaya,” kata Reza.

Sementara itu, Garin Nugroho menyebut Jokowi berjanji akan menghadiri malam penganugerahan FFI. “Presiden menjanjikan untuk hadir. Kalau tidak ada aral melintang hadir di FFI tanggal 10 September,” kata Garin.

Selain itu, lanjut Garin, Jokowi bakal memberikan bantuan insentif kepada insan perfilman. Bantuan ini bisa menjadi modal produksi bagi insan perfilman agar terus berproduksi di tengah-tengah masa pandemi Covid-19.

“Dan juga memberikan tentang bantuan insentif pada orang film lewat departemen keuangan untuk memberi bantuan atau insentif, untuk melakukan modal produksi dalam skema produktivitas film Indonesia menghadapi era tantangan ini. Jadi ada insentif juga dari pemerintah yang disampaikan tadi yang disetujui oleh Departemen Keuangan,” ucap Garin.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan

Email anda tidak ditampilkan. Wajib jika ada tanda *