Terputar

Title

Artist


36 Siswa Dikmaba TNI AL Ikuti Lattek Docking dan Galangan Kapal di Fasharkan Surabaya

Ditulis oleh pada Agustus 24, 2021

 

Surabaya, 24 Agustus 2021.Sebanyak 36 prajurit siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XL/1 Kejuruan Mesin Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Kodiklatal mengikuti Lattek Docking dan Galangan Kapal di Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, (24/08).

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, dalam rangka membekali para siswa tentang Lattek Docking dan Galangan Kapal, agar memiliki keterampilan tentang cara kerja water drug brushing, replating, dan painting, sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kedinasan di TNI Angkatan Laut sebagai Juru I Bintara Urusan Mesin di KRI.

Sasaran dalam lattek ini adalah siswa mampu mengenal docking dan galangan kapal dengan baik dan benar; membantu penyiapan kebutuhan materiil penyiapan docking sesuai prosedur dengan baik dan benar; melaksanakan water drag bushing, replating, dan painting sesuai prosedur dengan baik dan benar; dan melaksanakan pemasangan zinch anoda perbaikan katup-katup kingstone sesuai prosedur dengan baik dan benar.

Berbagai materi Lattek Docking dan Galangan Kapal diberikan berkaitan dengan Persiapan docking, Cara kerja water drag bushing, replating dan painting, Pemasangan zinch anoda dan pembersihan, serta Perbaikan katup-katup kingstone.
Selesai mengikuti Lattek ini, diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan docking dan galangan kapal dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya masing-masing.

Bertindak selaku Direktur Latihan dalam Lattek tersebut adalah Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (T) M. Syarif. Sedangkan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) adalah Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sekolah Bintara Pusdiktek.

Dimasa Pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal. Disisi lain, Kodiklatal juga harus mampu mengantisipasi agar siswanya tidak terpapar virus corona.

Oleh sebab itu, protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 harus dilaksanakan dengan ketat, yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan