Terputar

Title

Artist


Vaksinator TNI AL Lantamal XII Susur Sungai Kapuas Laksanakan Vaksin Terhadap Nelayan

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2021

 

Pontianak,- Lantamal XII dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman melaksanakan Serbuan Vaksinasi terhadap masyarakat nelayan Pontianak dengan menyusuri Sungai Kapuas dan mendatangi kapal-kapal nelayan yang baru kembali melaut, Minggu (22/08/2021).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada nelayan setelah mencari ikan di laut agar ketika mereka pulang kerumah sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah para nelayan dan keluarganya terpapar virus Covid-19.

Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, saat melakukan kunjungan menyampaikan bahwa, “Vaksinasi terhadap masyarakat nelayan yang dilakukan kali ini, diperuntukan kepada para nelayan yang baru pulang dari laut, mereka melaut lebih kurang selama 4 sampai dengan 5 bulan dimana sebagian besar nelayan belum menerima vaksin, sehingga Lantamal XII melaksanakan jemput bola menurunkan Tim Vaksinatornya untuk melakukan vaksinasi terhadap nelayan yang bersandar di Dermaga Perikanan ini,” ujar Danlantamal XII.

Selain melaksanakan serbuan vaksinasi dikapal-kapal ikan yang baru pulang melaut, juga melaksanakan vaksinasi bagi nelayan yang berada di kapal yang sedang sandar di dermaga sepanjang Sungai Kapuas tempat kapal ikan tersebut melakukan bongkar muat.

Setiap nelayan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya, dan bagi yang memenuhi syarat langsung dilaksanakan vaksinasi diatas kapal oleh Tim Vaksinator Satgas Covid-19 Lantamal XII.

Pada kesempatan itu vaksin yang disiapkan Lantamal XII sebanyak 15 vial vaksin yaitu sebanyak 150 dosis vaksi Covid-19, tercatat sebanyak 113 orang nelayan melakukan registrasi, namun hanya 110 orang nelayan saja yang memenuhi syarat untuk divaksin. Pada pelaksanaan vaksinasi para petugas juga menyampaikan agar nelayan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatannya sehari-hari.

Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menyampaikan bahwa kegiatan Serbuan Vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar melaksanakan serbuan vaksinasi untuk mempercepat herd immunity bagi masyarakat.

“Untuk mempercepat pencapaian vaksinasi, diperintahkan kepada seluruh jajaran Lantamal dan Lanal dibawah Koarmada I untuk menjemput bola dengan mendatangi nelayan yang baru pulang melaut untuk dilaksanakan vaksinasi,” ujarnya.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan