Terputar

Title

Artist


Presiden Barcelona Joan Laporta mengungkapkan betapa rumit situasi keuangan klub yang dipimpinnya

Ditulis oleh pada Agustus 16, 2021

Presiden Barcelona Joan Laporta mengungkapkan betapa rumit situasi keuangan klub yang dipimpinnya. Dalam konferensi pers, Senin (16/8/2021), Laporta menyatakan Barcelona mengalami kerugian 451 juta euro atau setara Rp 8,1 triliun.

Setelah membandingkan situasi mereka dengan klub lain, Laporta menyadari bahwa Barcelona telah mengeluarkan uang terlalu banyak untuk gaji.

“Barcelona memiliki kekayaan bersih negatif 451 juta euro,” Laporta mengumumkan. “Barcelona juga memiliki tagihan upah yang mencapai 103% persen dari total pendapatan klub. Ini 20-25% lebih banyak dibanding pesaing kami.”

Presiden Barcelona mencatat bahwa tidak mudah bagi klub untuk meminta para pemain menerima kontrak dengan bayaran lebih rendah alias gaji mereka harus dikurangi.

“(Kami) menemukan situasi yang sulit ketika menegosiasikan ulang kontrak para pemain,” tambah Laporta.

“Ada modus operandi yang melewati kontrol internal.”

Masalah tingginya gaji pemain Barcelona membuat mereka harus kehilangan Lionel Messi. Barcelona harus melepas megabintang asal Argentina itu demi menyeimbangkan gaji dan pendapatan klub sesuai aturan La Liga.

Itu saja masih belum cukup. Beberapa pemain bintang pun harus menerima keputusan menerima gaji yang lebih rendah dibanding sebelumnya. Bek Gerard Pique sudah bersedia dipotong gajinya sehingga Barcelona bisa mendaftarkan Memphis Depay dan Eric Garcia di La Liga. Beberapa pemain lain seperti Sergi Roberto, Sergio Busquets, dan Jordi Alba juga akan menyusul.

Jordi Alba sempat diejek dengan siulan olah fan Barcelona saat pertandingan melawan Real Sociedad, Minggu, karena dianggap tak mau berkorban (Dipotong gaji) sehingga Messi harus pergi. Pemain yang menempati posisi bek kiri itu pun menyanggahnya dan meminta Laporta memberikan penjelasan soal posisinya.

Alba menyebut dirinya sama sekali tak keberatan dipotong gaji dan sudah menyampaikannya kepada Laporta.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan